IBX5AB36DA393117

Dituduh Plagiat, Reputasi del Toro Dipertaruhkan di Oscar

Foto: dok Fox Searchlight
Jakarta - Guillermo del Toro dituding plagiat sebagai penulis film 'The Shape of Water'. Film tersebut memiliki beberapa elemen yang sama dengan 'Let Me Hear You Whisper'.

Ada 60 kesamaan yang disebutkan dalam gugatan tersebut. Kesamaan film itu ada dalam ceritanya, yaitu mengenai seorang juru kebersihan menolong hewan yang hendak dijadikan penelitian di laboratorium.

Sebuah tuntutan diajukan di Pengadilan Distrik AS oleh pengacara Marc Toberoff. Pria itu memang dikenal sering mengajukan gugatan kepada studio atas nama penulis. Kali ini, ia mewakili Paul Zindel.

Kemunculan tudingan itu sangat disayangkan menjelang voting Oscar berlangsung hingga seminggu ke depan. 'The Shape of Water' sendiri mengemas 13 nominasi dalam ajang tersebut.

Namun sang sutradara menyebut, Oscar tak akan terpengaruh oleh kabar itu. Ia menempatkan reputasinya sebagai bukti apa yang dituduhkan tidak benar.

"Saya telah berusia 25 tahun dan punya reputasi yang tak tergoyahkan. Saya selalu menjadikan elemen karier saya untuk membicarakan pengaruh saya di setiap film yang saya bikin, dalam rekaman komentar DVD, di Twitter dan dalam pameran. Saya telah membuka tentang banyak hal yang saya cintai dan saya tak punya masalah membahasnya. Saya telah menulis sekitar 24 skenario, saya adalah penulis / sutradara yang telah menghasilkan serial TV, buku, film dan sejumlah besar skenario selama bertahun-tahun. Tanpa satu keluhan pun," ungkapnya.

Fox Searchlight sebagai studio yang membuat film itu pun mengeluarkan sebuah pernyataan yang mendukung integritas del Toro.

"Klaim-klaim dari harta milik Paul Zindel ini tidak berdasar, tanpa pamrih dan kami akan mengajukan mosi untuk diberhentikan," kata studio tersebut.
Dituduh Plagiat, Reputasi del Toro Dipertaruhkan di Oscar Dituduh Plagiat, Reputasi del Toro Dipertaruhkan di Oscar Reviewed by Salam Info on Februari 24, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.